Salju Nanda

Monday, November 21, 2016

CARA MEMBUAT CERITA DI WATTPAD UNTUK PEMULA

Langkah Membuat cerita di Wattpad


Langkah 1

Download aplikasi Wattpad di play store atau di internet terlebih dahulu.


Langkah 2

Pilih ikon bergambar pensil seperti gambar di atas.

Langkah 3
Setelah menekan ikon bergambar pensil, akan muncul seperti gambar di atas. Klik "membuat cerita" .

Langkah 4
Langkah selanjunya adalah  membuat judul untuk ceritamu dan sinopsisnya kemuadian klik "simpan".

Langkah 5
Selanjutnya silahkan upload foto sampul untuk cerita. Usahakan foto sampul semenarik mungkin agar pembaca tertarik. Lalu klik "berikutnya".

Langkah 6
Sesudah kamu menambahkan foto sampul, kamu sudah bisa menulis ceritamu di wattpad. Silahkan kamu klik halaman itu. Lalu, akan muncul draf untuk menulis cerita.
Isilah judul tiap episode yang kamu buat beserta isi ceritanya. Kamu juga dapat menambahkan foto atau video sebagai pelengkap.
Contoh : 

Langkah 7
Sesudah kamu menulis cerita, kamu harus menerbitkannya terlebih dahulu agar orang-orang dapat membaca cerita kamu. Tinggal klik "terbitkan" .

Langkah 8

Eitss... belum selesai loh! Kamu harus mengisi "Pengaturan Cerita" terlebih dahulu, agar cerita kamu mudah di temukan.
Contoh :

Kalo isi tag itu bisa berisikan nama pemeran utama, genre, judul buku, dll. Inget jangan lupa dikasih spasi tiap tag. Jika ceritamu sudah tamat silahkan klik "cerita lengkap" , kalo belum yah jangan wkwk, walaupun belum tamat tetap bisa diterbitkan kok, tinggal klik "terbitkan" akhirnya jadi deh ceritamu di wattpad.

Itulah cara membuat cerita di Wattpad. Aku kasih saran ya, kalo kamu berniat menjadi novelis bisa dari wattpad loh. Banyak novel-novel yang ceritanya bagus dan banyak viewernya itu udah di terbitkan sama penerbit buku menjadi sebuat novel yang dijual di gramedia atau toko buku lainnya. Gimana sih supaya cerita di wattpad kita bisa di terbitkan kayak novel-novel terkenal itu? 
Mau tau jawabanya??
Aku bakalan share infonya di season berikutnya. 
See you next time ^-^

76 comments:

  1. kalau novel yang bagus bis agak menarik penerbit menerbitka kita tetapi mungki cerita kita di wattpad akan dihapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ceritanya akan diterbitkan sama penerbit kemungkinan besar ceritanya dihapus. Soalnya kan mau di jadikan buku novel.

      Delete
    2. Kenapa saya gk bisa mengedit di cerita wattpad saya?

      Delete
  2. Cara memberi pemeran di cerita wattpad itu gmna??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemerannya tergantung kita kok. Misal waktu nentukan nama. Kita bisa lihat nama dari buku nama untuk bayi, kita jg bisa mengarang namanya sendiri

      Delete
  3. kak cara mengisi tag nya gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tag itu bisa berisikan nama pemeran utama, genre, judul buku, dll. Jarak buat mengisi tag yg lain di spasikan

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Kak aku masih binggung cara masukin foto sampulnya ? Udh aku coba gak bisa bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sampulnya kadang2 hilang dan kadang ga timbul.Di coba terus aja

      Delete
    2. memang sampulnya kadang2 hilang dan kadang ga timbul.Di coba terus aja

      Delete
  5. kalo aku buat cover biasanya di PicArt. Soalnya di aplikasi itu kita bisa mengedit dan mempercantik cover kita sendiri. Tapi klo mau yg instan bisa download aplikasi Cover wattpad di playstore

    ReplyDelete
  6. Kak, kaka ada IG gak? Aku mau tanya2 lbih lanjut.

    ReplyDelete
  7. Kak, kaka ada IG gak? Aku mau tanya2 lbih lanjut.

    ReplyDelete
  8. Jika cerita nya bersambung.. itu gimana prosesnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. klo ceritanya udh bersambung, kita tinggal memantau cerita yg kita buat aja. Bisa juga kita mempromosikan supaya banyak yg baca. Nah, klo udh banyak yg baca kemungkinan ada penerbit yg mau nerbitkan novel kamu. Tpi, cerita kam tulisannya harus benar. Contoh : Jangan sampe typo. Lebih baik kalo ceritamu udah tamat kamu periksa lagi.

      Delete
  9. Jika cerita nya bersambung.. itu gimana prosesnya?

    ReplyDelete
  10. Kak kalau mau buat casting di wattpad gimana?

    ReplyDelete
  11. kalau mau bikin muncul tulisan complete gmn kak

    ReplyDelete
  12. makasih ya kak informasi karna karna ini akan bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  13. Makasih y info ny.itu klo buat cerita emang hrs di install dl y aplikasi nya.kga bisa y lewat web soal ny ram android ku kecil jdi ga bs install kebykan.

    ReplyDelete
  14. Kak kalo ceritanya kepotong atau kcampur sma angka2 gitu gimana? Soalnya pas aku tulis nggak ad mslah cuman sudah aku update jdi kcampur sma kepotong.

    ReplyDelete
  15. Abis nulis harus langsung dipublish yak?? Bisa ngga kita simpan dulu smua part baru kalo udah sreg banged dipublish??

    ReplyDelete
  16. Abis nulis harus langsung dipublish yak?? Bisa ngga kita simpan dulu smua part baru kalo udah sreg banged dipublish??

    ReplyDelete
  17. Cara buat tulisan-tulisan tebalnya gitu gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti diatas keyboard ada icon italic, bold dll

      Delete
    2. Nanti diatas keyboard ada icon italic, bold dll

      Delete
  18. Salam kenal, Kak. Aku udah punya satu novel sampe tamat. Nulisnya di laptop. Kalo mau aku publish ke wattpad apa bisa? Kalo bisa, caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Caranya kamu dowload aplikasi wattpad di laptop kamu. Lalu tinggal salin ceritanya ke wattpad.

      Delete
  19. Kak tanya dong. Aku udah ngetik ceritanya nah pas di publish kok cuma bagian judul dan awal cerita aja yg muncul? Bagaimana cara mengatasinya ya?

    ReplyDelete
  20. Kak bisa gak cerita kita di wattpad dihapus dan gak bisa ditemukan orang lain lagi?

    ReplyDelete
  21. Kak gimana cara nyelesaiin cerita di wattpad yang udah kita bikin sampe end terus gmn nge'udahinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih "info selengkapnya" lalu contreng "cerita lengkap".

      Delete
  22. Kak gimana cara nyelesaiin cerita di wattpad yang udah kita bikin sampe end terus gmn nge'udahinnya?

    ReplyDelete
  23. Cara daftar dan bikin cerita di wattpad gimana? Aku daftar harus memastikan notifikasi email.Tapi emailnya gak datang. Kalau bikin cerita pake hp bisa?

    ReplyDelete
  24. kakk klo nambah judulnya gmn kakk

    ReplyDelete
  25. kak kalo nge bold/italic di wattpad laptop gitu gimana ya

    ReplyDelete
  26. kalau buat tulisan miring atau tebal itu gimana kak?

    ReplyDelete
  27. Kak mau tanya....


    Ceritaku sering banget du hapus pihak wattpad... Gimana cara kita mengetahuinya kak..

    ReplyDelete
  28. Kak cara buat nandai kalau cerita yang kita tulis udah selesai itu bagaimana yah

    Sama buat supaya cerita kita diprivat bagaimana

    ReplyDelete
  29. Kak buat miringin dan nebelin kalimat di hp gmna ya?
    Tolong,tutor lengkapnya:)

    ReplyDelete
  30. Keren nih artikel,makasih min:)

    ReplyDelete
  31. Hai.. Aku mau tanya cara promote biar banyak viewers atau readers baca cerita kita di wattpad gimana ya? Aku baru punya wattpad jd masi blm terbiasa cara aplikasinya. Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama kamu buka cerita yang ingin di publish.

      Di ujung kanan atas ada tanda titik tiga lalu kamu klik.

      Setelah itu pilih bagikan.

      Pilih cara gimana kamu mau bagikan cerita mu.

      Dan selesai..

      Delete
  32. Kak kok pas aku mau publish cerita baru gak bisa selalu ada kata eror padahal semuannya dah lengkap tinggal publish aja

    ReplyDelete
  33. Bagus artikel nya. Ide nya udah ada tapi pas mau nulis ketemun jalan buntu hehe

    ReplyDelete
  34. Kalo nulis lwat hp,,gimana caranya buat bikin tulisan tebal dan miring

    ReplyDelete
  35. Kak cara bikin tulisan yg bercetak miring sama tebal, caranya gimana ka? Aku kurang ngerti. Makasih ya, tolong jawab kak

    ReplyDelete
  36. Ka mau nnya ...aku kan udah buat cerita tapi masih bersambung. .tp buku ku ga ada setelah di cari di wattpad
    Mksh byk kalau kaka berkenan mnjwb☺

    ReplyDelete
  37. Kak, ko di wattpadku tidak ada "BANTU ORANG MENEMUKAN CERITA ANDA" sihhh....

    ReplyDelete
  38. Sangat bermanfaat untuk sy yg baru punya akun wattpaf

    ReplyDelete
  39. kak, kalo mau edit tulisan jadi huruf tebel atau miring gimana ya ka?

    ReplyDelete
  40. kak knp aku gak bisa masykin foto di stiry aku?

    ReplyDelete
  41. Tutorial yang no 8 itu nemuinnya dimana ya kok di aku ga ada, jadinya ga ada yg bisa liat cerita aku

    ReplyDelete
  42. Kak mau tanya, aku kan udah nulis cerita tuh, udah dipub juga, nah aku pke akun lain buka akun aku sendiri, knpa di home atau halaman awal akun aku ngga ada tertulis 'karya' masih kosong kak? Itu gmna? Tolong dong

    ReplyDelete
  43. Aku mau nanya gimana cara ngilangin tulisan draf di judul nya ka aku masih bingung ?

    ReplyDelete
  44. Kak knapa pas slesai d buat dan dilihat babnya jadi dobel?

    ReplyDelete
  45. Kak knapa pas slesai d buat dan dilihat babnya jadi dobel?

    ReplyDelete
  46. biar cerita kita ngga diplagiat di whattpadd, bagaimana caranya? Kadang ada mirror

    ReplyDelete
  47. Kak,kok aq pas pasang foto buat pengenalan tokoh gitu wattpad nya malah keluar,fotonya juga g kepasang,tolong minta sarannya kak..

    ReplyDelete
  48. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    ReplyDelete